MUATAN KURIKULUM

Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara perlu segera ditanggapi dan dipertimbangkan. Salah satunya, dalam bentuk penyusunan kurikulum baru, di mana aspek pendidikan sangatlah penting untuk menunjang perkembangan dan perubahan dalam kehidupan tersebut.

Madrasah Tsanawiyah Ar-Rois Cendekia telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpijak dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan bahasa asing (Inggris – Arab), basic science, akhlaqul karimah. Dengan penetapan tersebut membawa konsekuensi logis pada perubahan kurikulum. Hal ini menjadi motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan lagi prestasi dan reputasi lembaga ini dalam melahirkan lulusan atau output yang andal sesuai mottonya. “Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Perilaku,”.

Sebab itulah, Madrasah Tsanawiyah  Ar-Rois Cendekia telah menetapkan 15 mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik, dengan rincian alokasi waktu untuk setiap mata pelajarannya dapat sesuai tabel sebagai berikut :

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU BELAJAR

 

PER MINGGU

 

VII

VIII

IX

 

Kelompok A

 

1.

Pendidikan Agama Islam

   

 

 

a. AlQur’an Hadis

2

2

2

 

 

b. Akidah Akhlak

2

2

2

 

 

c. Fiqih

2

2

2

 

 

d. Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

 

2.

Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

3

 

3.

Bahasa Indonesia

6

6

6

 

4.

Bahasa Arab

3

3

3

 

5.

Matematika

5

5

5

 

6.

Ilmu Pengetahuan Alam

5

5

5

 

7.

Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

 

8.

Bahasa Inggris

4

4

4

 

Kelompok B

 

1.

Proyek Pancasila

1

1

 

2.

Seni Budaya / Prakarya

2

2

2

 

3.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

 

4.

Informatika

2

2

2

 

Muatan Lokal

 

1.

Bahasa Jawa

1

1

1

 

2.

Ke NU an

2

2

2

 

3.

Proyek Sains

2

2

 

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

48

48

46

 

Pengembangan Diri

 

1.

Bimbingan dan Konseling

1

1

1

 

  1. Mata Pelajaran Kelompok A merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat (Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  2. Mata Pelajaran Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal.
  3. Mata Pelajaran Kelompok B juga terdapat mata pelajaran muatan lokal yang berdiri sendiri atau mata pelajaran yang menjadi ciri khas madrasah
  4. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling, berkenaan dengan masalah pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar dan pengembangan karir serta ekstrakulikuler.
  5. Satu jam pelajaran beban belajar tatap muka adalah 40 (empat puluh) menit.